Tuesday, February 23, 2016

Manfaat Mengkonsumsi Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Manfaat dan efek samping susu kedelai bagi tubuh
Susu kedelai merupakan minuman alami yang berasal dari tumbuhan yang bebas kolesterol, rendah lemak jenuh serta tidak mengandung laktosa. Susu kedelai juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang cukup tinggi. Selain rasanya yang enak, susu kedelai ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh. 

Kandungan yang terdapat pada susu kedelai ini antara lain, karbohidrat, serat, vitamin B12, E dan K, asam lemak esensial, lisin, protein serta mineral seperti kalsium, zat besi dan ribovlafin yang semuanya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Langsung saja, manfaat susu kedelai bagi tubuh antara lain :


Susu kedelai baik untuk dikonsumsi dan direkomendasikan untuk dikonsumsi pada saat diet kaena rendah lemak jenuh dan sodium dan memiliki kandungan protein yang tinggi untuk mengatasi masalah kardiovaskular.


Kedelai memiliki kandungan antioksidan dan isoflavon yang mampu untuk membantu meningkatkan kadar HDL yang bermanfaat baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan jantung. Serta lesitin yang dapat menurunkan kadar LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam darah sehingga dapat menjaga dan melindungi kesehatan tubuh.


Kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh dalam kedelai bisa dikatakan seimbang dimana dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah. Kandungan magnesium juga dapat menetralisir tekanan darah tinggi, serta vitamin B dan E serta asam float mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.


Seiring bertambahnya usia, osteoporosis juga semakin mengancam tubuh karena kekurangan hormon tertentu dalam tubuh. Kedelai memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh yang berperan penting untuk mencegah hilangnya massa pada tulang yang menyebabkan osteoporosis.

Selain memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, ternyata mengkonsumsi kedelai secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh karena kedelai memilik zat anti nutriens yang merupakan racun alami yang dapat membahayakan tubuh, karena dapat menimbulkan fungsi tiroid tertekan, mencegah penyerapan mineral, efek yang tidak baik untuk jaringan tubuh, serta efek yang parah adalah dapat menimbulkan kanker payudara, kerusakan otak dan kelainan pada bayi.

0 komentar:

Post a Comment