Tuesday, February 16, 2016

10 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Melindungi Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan tongkol bagi kesehatan tubuh
Ikan tongkol merupakan ikan air asin yang memiliki habitat dilautan. Berbagai jenis ikan seperti ikan tongkol ini memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Di indonesia sendiri, ikan tongkol sudah menjadi menu favorit bagi sebagian kalangan dan merupakan ikan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia.

Selain merupakan menu makanan yang populer dan sering dikonsumsi oleh banyak kalangan, ikan tongkol ini juga menyimpan berbagai khasiat dan manfaat yang baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :



Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol dapat mengurangi resiko terkena Age Macular Disease (AMD)  yang merupakan masalah gangguan penyakit mata karena faktor usia yang semakin bertambah. Dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan tongkol yang mengandung omega 3 secara rutin mampu mengurangi resiko terkena AMD dan gangguan pada mata lainnya.


IKan tongkol memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang memiliki manfaat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan massa dan otot tubuh serta memberikan energi pada tubuh untuk beraktifitas.


Kulit merupakan hal yang penting bagi semua orang dan untuk menjaganya agar memiliki kulit yang sehat dapat dengan mengkonsumsi ikan tongkol ini secara cukup dan tidak berlebihan karena ikan tongkol ini memiliki kandungan yang dapat membuat kulit tidak menjadi kusam.


Ikan tongkol memiliki kandungan zat besi alami yang bermanfaat baik untuk mencegah terkena anemia. Untuk mengkonsumsi ikan tongkol agar dapat menurunkan resiko terkena anemia disarankan mengkonsumsi ikan tongkol ini dengan cara merebusnya untuk dijadikan sup dan tidak disarankan untuk menggoreng nya. Ini dilakukan agar kandungan gizi pada ikan tongkol dapat terserap dengan baik oleh tubuh.


Mengkonsumsi ikan tongkol juga memiliki khasiat dan manfaat untuk menyembuhkan penyakit rematik. Jika penyakit rematik sudah semakin memarah, dapat mengkonsumsi ikan tongkol ini baik digoreng maupun direbus untuk mengurangi rasa sakit ataupun bahkan menyembuhkannya.

Ikan tongkol memiliki kandungan EPA yang cukup tinggi yang dapat menstimulasi munculnya hormon leptin dimana fungsi hormon leptin ini adalah untuk menurunkan nafsu makan, selain itu ikan tongkol juga dapat membantu mengikat lemak dalam tubuh. Tentunya ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan menu makan untuk anda yang sedang menjalani diet.

Omega 3 merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh karena manfaat dan khasiatnya. Kandungan omega 3 pada ikan tongkol misalnya, omega 3 ini dapat menjaga kesehatan tubuh karena mampu menjaga detak jantung berjalan normal sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.


Tidak hanya bermanfaat baik menjaga kesehatan jantung, kandungan omega 3 juga berperan baik dalam menjaga kesehatan saluran sistem pencernaan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin juga dapat membantu mencegah timbulnya kanker pada ovarium.


Kandungan omega 3 pada ikan tongkol berperan penting dalam mencerdaskan otak serta meningkatkan kemampuan kognitif. Mengkonsumsi ikan tongkol juga baik untuk ibu hamil supaya bayi yang dikandungnya dapat memiliki otak yang sehat dan cerdas, serta baik juga dikonsumsi untuk anak yang sedang dalam masa perkembangan.

Ikan tongkol memiliki kandungan selenium yang baik untuk tubuh karena dapat membantu organ hati untuk mengeluarkan racun yang berbahaya dari dalam tubuh atau yang juga dikenal dengan detoksifikasi hati. KAndungan selenium pada ikan tongkol dapat membantu mempercepat dan memperlancar proses detoksifikasi organ hati.

Banyak sekali manfaat yang diberikan ikan tongkol untuk tubuh kita jika mengkonsumsinya secara rutin. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat perlu di imbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat serta melakukan aktifitas untuk menjaga kebugaran tubuh. Karena sehat itu kita yang tentukan, jadi mulailan hidup dengan sehat.

0 komentar:

Post a Comment