Monday, February 8, 2016

7 Manfaat Wortel Untuk Perawatan Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh
Wortel merupakan buah-buahan yang sering digunakan sebagai bahan-bahan untuk membuat masakan khas indonesia. Buah ini juga terkenal bagus sekali untuk kesehatan mata, tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, wortel juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan kulit.

Wortel memiliki kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh jika rutin mengkonsumsinya. Wortel memiliki kandungan gizi yang sangat bagus karena mengandung kalori, karbohidrat, gula dan protein. Wortel juga memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, betakaroten, float, kalium, fosfor, mangan dan magnesium. Semua kandungan yang terdapat pada wortel memiliki peran penting tersendiri yang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan juga bagus untuk perawatan kecantikan kulit. Berikut beberapa manfaat serta khasiat wortel bagi tubuh :



Wortel memiliki kandungan betakaroten, hidrat arang dan fosfor yang sangat baik bila dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan betakaroten pada wortel juga mampu menurunkan resiko terkena kanker seperti, kanker paru-paru, kanker payudara serta kanker usus besar. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika mengkonsumsi wortel 2 kali dalam sehari dapat menurunkan hingga 17% resiko terneka kanker payudara. Selain itu, dari penelitian yang telah dilakukan pada wortel juga ditemukan zat  falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.


Manfaat lain dari betakaroten yang terdapat pada wortel adalah untuk menjaga dan melindungi kesehatan mata. Betakaroten pada wortel akan diubah menjadi vitamin A di dalam hati yang kemudian ditransformasikan ke mata pada retina, untuk rhodopsin yakni merupakan pigmen ungu yang dibutuhkan mata agar dapat melihat dengan tajam pada malam hari. Betakaroten pada wortel juga dapat menurunkan resiko terkena degradasi makula dan katarak yang merupakan salah satu gangguan pada mata yang terjadi pada usia lanjut.


Mengkonsumsi wortel memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh misalnya, mengkonsumsi sup wortel dengan menambahkan ketumbar dipercaya dapat menangkal virus-virus jahat yang menyerang tubuh. Sekain itu, antioksidan dalam wortel juga mampu menjaga dan membuang radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin tenyata mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Penelitian di harvad menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 6 buah biji wortel dalam seminggu mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit jantung karena mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.


Wortel juga sering dibuat menjadi jus yang sangat nikmat dan kaya akan manfaat. Jus wortel sangat bagus untuk penderita ginjal karena mampu membersihkan dan menyaring untuk menjaga kesehatan ginjal tubuh.

Vitamin A serta zat-zat pendukung lainnya yang terdapat pada wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan dan bagus untuk perawatan kecantikan kulit tubuh. Wortel dapat digunakan sebagai masker kulit yang mempunyai manfaat untuk membuang dan menghilangkan noda hitam pada kulit sehingga mampu membuat kulit bersih dan bersinar. Antioksidan pada wortel juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang terkena kulit, sehingga mampu mencegah penuaan dini.


Mengkonsumsi wortel secara rutin sangat bagus untuk ibu hamil karena mampu menjaga kesuburan kandungan janin didalam kandungan. Kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi pada wortel yang baik untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan juga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas asi bagi ibu yang sedang menyusui.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan memiliki tubuh yang cantik tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel ataupun buah-buahan dan sayuran sehat lainnya. Pola hidup juga perlu dijaga agar tubuh tetap sehat, karena sehat adalah nikmat yang tidak ada bandingannya.

0 komentar:

Post a Comment