Monday, February 15, 2016

Manfaat Asam Lemak Omega 3, 6 dan 9 Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat omega 3, 6 dan 9 untuk kesehatan tubuh
Mungkin banyak dari kita yang belum tahu apa itu omega 3, 6 dan 9 serta manfaatnya bagi tubuh. Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang juga biasa disebut asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak omega 3 ini. Asam lemak omega 3 ini dapat diperoleh dengan sering mengkonsumsi berbagai makanan seperti kacang, aneka jenis ikan, minyak nabati, canola dan minyak bunga matahari yang banyak mengandung omega 3 yang diperlukan tubuh.

Seperti hal nya asam lemak omega 3, omega 6 juga merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Omega 6 ini dapat ditemukan pada minyak jagung, bunga matahari, kedelai serta dapat diperoleh dari suplemen makanan. Mengkonsumsi omega 6 dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh namun tidak disarankan mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Terakhir asam lemak omega 9. Asam lemak omega 9 ini berbeda dari asam lemak omega 3 dan 6 yang merupakan asam lemak esesnsial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sedangkan asam lemak omega 9 ini merupakan bukan asam lemak esensial dan tubuh dapat memproduksinya sendiri dalam jumlah kecil yang manfaatnya sangat besar bagi tubuh.

Asam lemak baik omega 3, 6 maupun 9 merupakan asam lemak yang dibutuhkan dan penting untuk tubuh karena memiliki banyak sekali manfaat yang banyak sekali, diantaranya :

Manfaat asam lemak omega 3, 6 dan 9 bagi tubuh
 
 
Kandungan asam lemak omega ini berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, karena jika memiliki kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan penyakit mematikan seperti penyakit jantung, stroke, pengerasan pembuluh darah serta penyakit lainnya yang disebabkan karena kelebihan kolesterol dalam tubuh.
 
 
Stroke dan penyakit jantung sering disebabkan oleh terjadinya pengerasan pada arteri yang terjadi karena gaya hidup serta pola makan yang buruk karena mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak buruk yang tidak baik bagi tubuh. Asam lemak omega ini memiliki mekanisme sistem yang dapat mencegah penumpukan plak serta pengerasan pada arteri sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang mematikan.

 
Kandungan asam lemak omega dapat mengatur kandungan kolesterol normal dalam tubuh, dimana jika tubuh mengandung kolesterol terlalu tinggi dan berlebihan akan berdampak buruk bagi sistem kekebalan tubuh yang menjadikan tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Dengan asam lemak omega, kolesterol dalam tubuh dapat diatur dengan baik dan membuang kolesterol jahat yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.
 
 
Lagi-lagi kolesterol yang berlebih dalam tubuh menjadi penyebab timbulnya penyakit mematikan, seperti hal nya kanker. Kolesterol yang berlebih pada tubuh dapat memicu perkembangan radikal bebas dalam tubuh karena sel-sel  tubuh tidak mampu melawan sel-sel jahat yang menyerang dan akibatnya sel-sel sehat dalam tubuh akan mengalami kerusakan. Dengan mendapatkan asupan asam lemak omega 3,6 dan 9 dapat membantu membuang koles terol berlebih dalam tubuh serta mampu menurunkan resiko terkena kanker.
 
 
Syaraf merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting untuk memberikan respon dalam menjaga keseimbangan otot tubuh, jaringan tubuh serta otak. Dengan asupan asam lemak omega 3,6 dan 9 yang cukup bagi tubuh dapat menjaga respon syaraf dalam tubuh bekerja dengan baik dan membantu meningkatkan ingatan dan kecerdasan otak. 
 
Asam lemak omega 3, 6 dan 9 memiliki peran dan manfaat sendiri-sendiri yang penting bagi tubuh. Omega 3 dan 6 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh yang berbeda dari asam lemak omega 9, dan manfaatnya pun lebih banyak omega 3 dan 6 dibandingkan dengan asam lemak omega 9. Namun semuanya penting dan diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh, serta selain manfaat yang disebutkan diatas masih terdapat banyak lagi manfaat dari asam lemak omega 3, 6 dan omega 9 yang berperan penting menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan lainnya. 

0 komentar:

Post a Comment