Tuesday, February 9, 2016

7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh
Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, salah satu ikan yang terkenal akan kelezatannya dan juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh adalah ikan salmon. Ikan salmon ini merupakan ikan yang menetas dan lahir di air tawar dan setelah dewasa ikan salmon akan bermigrasi berpindah ke laut. Daging ikan salmon yang memiliki rasa lezat dan lembut sudah terkenal diseluruh dunia sejak dulu yang sangat bagus bila dikonsumsi dalam keadaan masih segar.

Ikan salmon memiliki kandungan omega 3(EPA & DHA) yang tinggi yang bagus untuk kesehatan tubuh, selain itu ikan salmon juga mengandung protein yang berkualitas tinggi, asam amino, vitamin A, B, B6, D dan E, kalium, zat besi, seng, magnesium dan fosfor. Dengan begitu banyaknya kandungan pada ikan salmon, terdapat banyak juga manfaatnya bagi tubuh, diantaranya antara lain :


Manfaat daging ikan salmon untuk kesehatan tubuh


Otak manusia terdiri dari 60% lemak yang sebagian besar adalah asam lemak omega 3 DHA dan 30 % materi abau-abu dalam otak merupakan DHA yang menunjukkan pentingnya otak dan sistem syaraf yang sehat. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dapat membuat otak menjadi cerdas dan meningkatkan daya ingat, selain itu juga dapat mengurangi depresi pada orang dewasa.


Dengan mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2-4 porsi dalam seminggu terbukti efektif dalam menjaga kesehatan mata dari bahaya degenerasi makula yang merupakan kondisi berkurangnya penglihatan pada mata. Mengkonsumsi ikan salmon secara rutin dapat menurunkan resiko terkena degenerasi makula.


Salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, dimana omega 3 ini berperan penting dalam menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Selain itu, salmon juga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada jantung, menurunkan tekanan darah, memperkuat otot jantung serta mencegah terjadinya pengerasan pada arteri yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Salmon juga bermanfaat baik untuk menurunkan resiko terneka stroke, meningkatkan fungsi pembuluh darah serta bagus untuk perkembangan mata dan otak bayi dalam masa kehamilan.

Ikan salmon mengandung protein dengan kualitas terbaik yang bermanfaat bagi tubuh untuk  mengatur metabolisme dalam tubuh, sebagai sumber energi, membantu proses pertumbuhan otot, pembentukan hormon dan antibodi dalam tubuh. 


Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan asam amino tinggi yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan asam amino pada ikan salmon memiliki banyak manfaat, untuk membentuk sel darah putih dan sel darah merah(hemoglobin), meningkatkan fungsi otak, menangkal radiasi serta mampu memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor.


Mengkonsumsi ikan salmon dapat membantu penderita insomnia untuk tidur dengan pulas. Ikan salmon memiliki kandungan triptofan yang merupakan obat penenang alami yang dapat membantu penderita insomnia ringan untuk tidur dengan mudah serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk bisa tidur.


Ikan salmon memiliki manfaat baik untuk penderita osteoporosis dan masalah persendian lainnya. Kandungan protein peptida bioaktif pada salmon dapat meningkatkan, mengatur dan menstabilkan sistesis kolagen dalam tulang rawan osteoarthritic pada tubuh kita. Protein yang terdapat pada salmon dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tuang dan persendian tulang.

Banyak sekali manfaat ikan salmon yang baik untuk tubuh dengan mengkonsumsi ikan salmon secara teratur lainnya. Untuk memperoleh tubuh yang sehat tentu harus menjaga dan memperhatikan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk tubuh. Untuk itu, mulai sekarang juga hidup dengan pola hidup yang sehat.

0 komentar:

Post a Comment