Tuesday, February 9, 2016

Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh
Ikan tuna merupakan salah satu ikan asin yang sangat terkenal diseluruh dunia sebagai makanan kaleng yang sangat bergizi dan memiliki kandungan omega 3 yang sangat bagus untuk tubuh dimana dapat meningkatkan daya konsentrasi dan daya ingat otak. Namun ikan tuna lebih bagus jika dikonsumsi secara langsung dan tidak dikemas dalam kaleng, karena daging ikan tuna yang masih segar kandungan gizinya lebih baik dari ikan tuna dalam kemasan.

Ikan tuna memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi yang bagus untuk kesehatan tubuh, selain itu juga kaya akan protein, kalium serta vitamin B dan membuatnya menjadi makanan favorit dan terbaik untuk menjaga dan melindungi kesehatan tubuh. Manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali dengan kandungan serta gizi yang terdapat pada ikan tuna ini, berikut beberapa manfaat ikan tuna bagi tubuh.



Ikan tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari omega 3 ini dapat membantu mengurangi stress ataupun depresi yang dialami oleh seseorang. Selain itu, ikan tuna sangat bagus untuk dikonsumsi oleh wanita karena mampu menyeimbangkan hormon, karena wanita kerap mengalami ketidakseimbangan hormon atau hormon yang labil dikarenakan pengaruh stress.


Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi dimana sangat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit, darah, rambut, kuku serta mampu memperkuat otot-otot tubuh.

Ikan tuma mampu membantu meningkatkan rasio HDL untuk LDL dalam tubuh yang dapat menurunkan tingkat resiko terkena penyakit jantung koroner yang berbahaya bagi tubuh. Untuk menghindari terkena penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi.


Dalam sebuah study penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan tuna sebanyak 1-4 porsi dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 27% dan jika mengkonsumsi lebih dari 5 porsi dalam seminggu mampu menurunkan hingga 30 % resiko terkena stroke.

Ikan tuna memiliki banyak kandungan mineral dan selenium yang bermanfaat baik untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, atau yang lebih dikenal dengan detoksifikasi. Mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membersihkan racun-racun dari dalam tubuh serta ikan tuna bermanfaat bagus untuk menurunkan berat badan.

Kandungan selenium pada ikan tuna juga bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari berbagai serangan penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh. Antioksidan yang dimiliki ikan tuna bersifat sebagai perisai yang menangkal serangan penyakit dari dalam maupun luar tubuh.

Kandungan Omega 3 dan asam lemak pada ikan tuna juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan mata. Omega 3 ini mampu melawan serangan macular degeneration yang jika terkena dapat berdampak memper buruk fungsi penglihatan yang biasanya dialami pada usia lanjut. Untuk menghindarinya, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dan teratur.

Mengkonsumsi ikan tuna bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi dan menjaganya agar tetap stabil. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan tuna jika dikonsumsi secara rutin mampu menstabilkan tekanan darah sehingga tubuh akan sehat.


Omega 3 sangat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh salah satunya, sangat baik untuk meningkatkan daya ingat otak atau fungsi kognitif otak. Kandungan omega 3 ini dapat membantu memper lancar pasokan darah ke otak yang mampu menghindari resiko ternena penyakit Alzheimer, menurunkan resiko inflamasi serta memperlancar penerimaan signal atau implus ke otak dimana penderita alzheimer biasanya memiliki masalah atau gangguan dalam menerima signal ke otak.

Ikan tuna merupakan salah satu penghasil vitamin B yang tinggi yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B yang terdapat pada ikan tuna jika dikonsumsi tubuh dapat membantu membangun dan memelihara sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan energi, memperlancar proses metabolisme, membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta juga bermanfaat baik untuk kesehatan kulit.
Untuk memiliki tubuh yang sehat diperlukan usaha dengan hidup secara sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat, salah satunya ikan salmon yang memiliki ribuan manfaat bagi kesehatan tubuh.

0 komentar:

Post a Comment