Tuesday, February 16, 2016

7 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

Manfaat daun serai untuk kesehatan dan kecantikan kulit
Sereh atau yang biasa juga disebut dengan serai merupakan tumbuhan jenis rerumputan yang sering digunakan sebagai bahan masakan, terutama bagi orang indonesia. Serai merupakan tanaman yang mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau dipasaran, dengan menambahkannya sebagai bumbu masakan akan semakin menambah aroma masakan tersebut. Selain itu serai juga dapat diolah menjadi minyak serai dan bahan pembuat obat anti nyamuk karena aromanya yang tidak disukai oleh nyamuk.

Selain di indonesia, daun serai ini juga merupakan salah satu tanaman yang populer di thailand, vietnam, malaysia, kamboja, afrika dan amerika untuk diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan masakan hingga obat-obatan. Dalam tumbuhan serai ini banyak sekali terdapat senyawa seperti geranil butirat, eugenol, lomonen, metileugenol serta geranial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terdapat banyak sekali manfaat daun serai bagi kesehatan tubuh utamanya, juga bermanfaat bagi kecantikan, antara lain sebagai berikut :
Manfaat daun serai bagi kesehatan tubuh



Dalam sebuah penelitian yang dilakukan mengenai daun serai, menunjukkan bahwa daun serai ini memiliki kandungan citral yang merupakan zat anti kanker yang dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. Jika mengkonsumsi daun serai secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker.

Daun serai mengandung zat anti oksidan serta anti septik yang dapat menghasilkan efek diuretik yang sangat bagus dalam membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh. Efek diuretik ini tidak hanya mampu membuang keluar racun dari dalam tubuh, juga mampu membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pangkreas serta dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dan terlindungi.

Daun serai memiliki kandungan zat besi dimana berperan penting untuk sistesis hemoglobin dalam tubuh dimana protein dalam sel darah merah akan mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan oksigen. Daun serai ini bermanfaat untuk menyembuhkan serta mencegah penyakit anemia yang sering disebabkan karena kekurangan zat besi.

Tidak hanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh, daun serai juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kulit dimana daun serai ini juga sering digubakan sebagai bahan kosmetik untuk produk-produk kecantikan. Daun serai memiliki kandungan yang dapat mengusir pergi jerawat pada kulit wajah serta memberikan kulit kesegaran dan mencerahkannya.


Insomnia biasanya sering dialami karena keseimbangan zat kimia di dalam tubuh tidak baik atau juga bisa terjadi karena terdapat gangguan pada syaraf. Dengan mengkonsumsi serai secara rutin dapat membantu memberikan efek ketenangan bagi penderita insomnia sehinga dapat tidur dengan nyaman.

Daun serai memiliki kandungan magnesium, fosfor dan float yang penting dan diperlukan oleh tubuh untuk perkembangan fungsi sistem syaraf. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memori ingatan serta mampu meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi.

Daun serai terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Kandungan yang dimiliki daun serai mampu membunuh bakteri jahat dan parasit serta mampu mengembalikan bakteri baik dalam usus yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan, sehingga sistem pencernaan tubuh akan terjaga kesehatannya.
Banyak sekali manfaat dan khasiat yang ditemukan pada daun serai, selain diatas masih terdapat banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu tidak ada salahnya sekali-kali mencoba mengkonsumsi daun serai ini, selain menyehatkan juga dapat mempercantik kulit.

0 komentar:

Post a Comment