Monday, February 15, 2016

Manfaat Mengkonsumsi Hati Sapi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Hati Sapi Bagi Kesehatan Tubuh
Untuk sebagian orang, mengkonsumsi hati sapi dianjurkan karena hati sapi memiliki zat besi yang cukup tinggi dimana zat besi ini berperan penting dalam pembentuk sel darah merah dalam tubuh, oleh karena itu hati sapi penting dan baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar hemoglobin rendah.

Hati sapi memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat baik bagi tubuh seperti, vitamin A, B12, C, D, E dan vitamin K serta mengandung asam float dan mineral seperti fosfor, seng dan zat besi yang bagus untuk ibu hamil. Selain itu, hati mengandung zat kolin yang bagus untuk perkembangan otak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi hati sapi ini dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Hati merupakan organ penyaring racun didalam sistem pencernaan tubuh, oleh karena itu hati juga rentan tercemar oleh zat kimia, pestisida dan racun lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, memilah-milah hati sapi merupakan cara yang efektif agar mendapatkan hati yang masih segar dan terhindar dari zat sisa racun dalam hati yang berbahaya bagi tubuh. Namun dibalik itu semua, hati sapi menyimpan berbagai manfaat seperti :



Hati sapi memiliki cukup banyak kandungan vitamin B yang berguna untuk kesehatan otak dan penting untuk kesiapan kerja fungsi sel-sel syaraf dalam tubuh. Vitamin B12 sangat penting bagi tubuh, karena jika kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sistem syaraf, masalah memori ingatan pada otak, jika semakin parah dapat terjadi kepikunan bahkan dapat menimbulkan gangguan mental. Selain itu masalah gangguan daya ingat, fungsi kognitif, gangguan mental dan dapat menurunkan kecepatan motorik jika tubuh kekurangan vitamin B12. Untuk itu, hati menjadi salah satu cara alternatif yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 untuk tubuh.


Anemia merupakan penyakit kekurangan darah akibat kekurangan asam float dan zat besi dalam tubuh. Asam float sendiri adalan bahan esensial untuk sintesis DNA dan RNA yang sangat penting bagi tubuh dan berguna untuk metabolisme inte sel termasuk sel darah merah. Dan zat besi berperan penting juga dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan sel darah merah ini dapat menyebabkan pasokan darah dalam tubuh terganggu dan akibatnya tubuh akan terasa lemas, letih, lesu dan wajah akan terlihat pucat. Untuk itu tidak ada salahnya mengkonsumsi hati sapi yang kaya akan asam float dan zat besi yang bagus untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh.


Asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh apalagi bagi ibu yang sedang dalam masa hamil merupakan hal penting yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan dan perkembangan janin tidak mengalami gangguan dan berjalan normal. Pada masa kehamilan, biasanya wanita mengalami kekurangan asam float dan zat besi serta juga rentan terkena anemia karena kekurangan zat besi yang terjadi akibat naiknya volume darah secara pesat. Untuk mencegahnya, salah satu caranya dapat dengan mengkonsumsi hati sapi yang memiliki kandungan asam float dan zat besi yang tinggi.

Hati sapi memiliki kandungan vitamin A dan Zinc yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan jaringan epitel dan juga termasuk pembuluh darah dalam tubuh. Kandungan Zinc dan vitamin A pada hati sapi dapat melindungi sel darah putih dari kerusakan akibat serangan radikal bebas serta mampu mencegah kerusakan pembuluh darah dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Hati sapi memiliki kandungan vitamin A tinggi yang dapat membantu mencegah terkena masalah gangguan pada mata seperti, infeksi mata, katarak serta degenerasi makula karena bertambahnya usia. 

Hati sapi memiliki kandungan selenium yang dapat melawan kerusakan sel dari serangan radikal bebas, membentuk antioksidan untuk melawan sel-sel kanker dalam tubuh serta selenium ini mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

Asam float pada hati sapi banyak sekali manfaatnya, salah satunya untuk perkembangan sistem syaraf, juga dapat mencegah terjadinya kecacatan pada janin seperti, cacat otak ataupun tulang belakang. Pada masa kehamilan wanita, asupan asam float yang cukup bagi tubuh berperan penting agar janin dapat lahir dengan normal dan dapat menurunkan resiko keguguran pada janin. Jika kekurangan asam float ini pada masa kehamilan dapat menyebabkan berbagai gangguan pada janin.
Hati sapi memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan oleh tubuh, karena hati sapi memiliki kandungan kolesterol sebesar 90% dari jumlah total yang dibutuhkan tubuh. Efek samping mengkonsumsi hati sapi secara berlebihan juga tidak baik karena mengandung kolesterol yang tinggi yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Untuk itu kita harus pintar mengatur seberapa banyak porsi untuk mengkonsumsi hati sapi ini agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya dan terhindar dari efek samping serta mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

0 komentar:

Post a Comment