Tuesday, January 12, 2016

Cara merawat rambut dengan mudah agar tetap sehat

Cara merawat rambut dengan mudah ala Jelita
Rambut merupakan sebuah mahkota yang sangat berharga bagi setiap orang terutama bagi wanita, rambut menjadi hal yang sangat penting karena dapat membuatnya terlihat lebih cantik dan fresh dengan memiliki rambut yang sehat dan berkilau yang menjadi dambaan kebanyakan wanita. Kebanyakan wanita melakukan berbagai hal selain melakukan perawatan untuk kulit agar terjaga tetap bersih dan sehat yang juga penting, mereka juga rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, baik secara tradisional maupun cara-cara modern dengan pergi kesalon kecantikan untuk merawat rambutnya agar tetap sehat dan bersih berkilau.

Sebenarnya jika kita telah memiliki rambut yang bagus dan sehat, kita cukup merawatnya secara sederhana dengan melakukan rutinitas sehari-hari dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan kerusakan pada rambut. Hal-hal apa saja yang harus dihindari atau dilakukan agar rambut tetap bersih, sehat dan berkilau???, naah... jelita akan berikan beberapa tips yang mudah dan ringan agar rambut tetap sehat dan tidak rontok.

Tips dan trik mudah merawat rambut agar tidak mudah rusak
1. Bersihkan rambut dengan sampo yang tepat dan sesuai dengan rambut
Kebersihan rambut adalah faktor penting agar rambut tidak mudah rusak, untuk itu bersihkan rambut secara berkala dengan menggunakan sampo yang cocok dan sesuai dengan karakter rambut yang dimiliki. Selain dengan sampo, kita juga bisa membersihkan rambut dengan bahan-bahan alami seperti lidah buaya ataupun madu yang khasiat dan manfaatnya sudah terbukti untuk kesehatan dan kebersihan rambut. Namun jika membersihkan rambut dengan sampo, usahakan agar tidak melakukan keramas setiap hari. Karena kondisioner yang terdapat pada sampo dapat merangsang produksi minyak rambut yang dapat melembapkan rambut, namun jika digunakan secara berlebihan, minyak rambut yang diproduksi akan berlebihan dan terus menumpuk hingga rambut akan semakin lepek, kusam dan pada akhirnya bisa sampai rusak.
2. Jangan mengikat rambut atau mengepangnya terlalu sering
Ketahanan dan kekuatan rambut akan semakin buruk jika rambut terlalu sering diikat atau dikepang, apalagi jika dilakukan pada saat kondisi rambut basah. Perlu sabahat cantik jelita ketahui bahwa rambut yang basah lebih rapuh dari pada saat kering, dan jika rambut yang basah ini dikepang atau diikat juga dapat menimbulkan jamur yang membuat gatal bahkan jika dibiarkan dapat menjadi infeksi. Dan juga pada saat rambut basah, jangan menyiris rambut dengan sisir yang ketat, gunakan sisir yang lebih longgar karena sisir yang ketat dapat membuat rambur rontok, karena rambut yang basah sangat lemah dan rapuh.
3. Jangan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut
Menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut memang cepat prosesnya, namun jika terus menerus dilakukan akan merusak rambut bahkan kulit kepala kita. Tekanan panas yang dimiliki hairdryer jika terkena rambut secara terus menerus dapat menurunkan bahkan sampai menghilangkan kelembapan yang dimiliki rambut yang akan membuatnya semakin kering dan akhirnya mudah rontok dan terlihat kusam. Untuk itu gunakan cara sederhana saja dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk dan digosok secara perlahan agar rambut juga tidak rontok dan kusam.
4. Gunakan pelindung kepala untuk aktifitas diluar ruangan
Kita dapat menggunakan topi atau menutupi rambut dengan jaket sebagai pelindung kepala agar tidak terkena sinar terik matahari secara langsung. Panas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari jika terlalu sering terkena rambut, rambut juga akan mengalami peribahan warna karena terkikisnya kutikula yang terkandung pada rambut dan juga menyebabkan rambut menjadi keropos. Untuk itu seringlah memakai pelindung kepala pada saat beraktifitas diluar ruangan.
5. Konsumsi manakan yang sehat
Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat memberikan kesehatan pula pada tubuh dan juga rambut. Karena dengan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang yang bagus untuk kesehatan rambut dan meminum air yang cukup dalam sehari, selain dapat membuat tubuh menjadi sehat, manfaatnya untuk rambut pun terasa dan semakin sehat dan lembut berkilau.

Selain dari itu semua yang tidak kalah pentingnya adalah jangan terlalu banyak melakukan hal-hal untuk rambut anda seperti smooting, mewarnai rambut atau apapun yang lainnya, karena semua itu pastinya menggunakan bahan kimia yang akan menimbulkan efek samping buruk bagi rambut. Namun jika sudah terlanjur, imbangi dengan menggunakan vitamin-vitamin untuk rambut maupun pelembab yang cocok dan sesuai dengan tipe jenis rambut yang dimiliki.

Mudah bukan cara menghindari rambut agar tidak mudah rusak, semoga artikel ini dapat membantu untuk kesehatan rambut kita dan sampai jumpa di artikel jelita lainnya. Salam cantik jelita.

0 komentar:

Post a Comment