Tuesday, January 26, 2016

7 Manfaat buah pepaya untuk menjaga dan melindungi kesehatan tubuh

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh
Buah pepaya merupakan buah yang seringkali ditanam dipekarangan-pekarangan rumah, sehingga mudah untuk dijumpai. Buah pepaya juga sering dikatakan sebagai buah makanan rakyat karena mungkin harganya yang murah dan mudah sekali diperoleh, namun dibalik itu semua buah pepaya menyimpan berbagai khasiat serta manfaat yang sangat baik bagi tubuh. banyak juga para ahli yang berpendapat jika buah pepaya merupakan buah terbaik yang dapat membantu detoksifikasi tubuh.

Kandungan dari buah pepaya sendiri yakni memiliki, vitamin A, B, C, E dan K, float, magnesium, tembaga, fiber 3, alfa, asam pentotenat, beta karoten, lutein, zeaxanthan, kalium, kalsium dan lycopene. Dalam satu buah pepaya utuh biasanya mengandung 120 kalori, 30 gram karbohidrat serta 2 gram protein, pepaya juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik yang mampu memberikan 224% dari kebutuhan setiap harinya.

Bagi kesehatan tubuh, pepaya merupakan buah yang sangat penting yang dapat meningkatkan kesehatan imun tubuh. Banyak juga para ahli yang menyarankan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan-makanan nabati seperti pepaya yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit.

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh

1. Mampu mencegah serangan jantung

Buah pepaya memiliki kandungan kalium, serat dan vitamin yang dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit radiovaskular, melakukan perubahan pola makan sangat penting untuk dilakukan dengan, meningkatkan asupan kalium dan menurunkan asupan natrium. Oksidasi kolesterol juga dapat dicegah oleh kandungan anzim yang terdapat pada pepaya, sehingga kadar kolesterol dapat dicegah dan membantu mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin A dan C yang terdapat didalam tubuh serta kandungan beta karoten pada pepaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh dari dalam sehingga tidak mudah terkena serangan penyakit. Dengan begitu, mengkonsumsi buah pepaya dapat mencegah terjadinya infeksi, pilek, flu dan demam pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan yang terdapat pada buah pepaya juga dapat mengatasi masalah kulit kering dan kusam. Vitamin C dan E pada pepaya dapat membantu meremajakan dan mengembalikan kelembapan pada kulit, sehingga kulit akan lebih terlihat sehat. Selain itu, buah pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka luar seperti iritasi ataupun luka akibat goresan pada kulit dengan mengobatinya menggunakan kulit dari buah pepaya.

4. Sebagai anti inflamasi

Bagi para penderita arthritis, osteoporosis dan endema, dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur dapat menghilangkan rasa sakit dari penyakit yang dideritanya karena, buah pepaya mengandungenzim anti inflamasi yang juga mampu mencegah terjadinya kanker.

5. Menjaga kesehatan rambut

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, menurut para ahli bisa dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur ataupun menggunakan produk untuk perawatan rambut yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. 

6. Melindungi dan menyehatkan tulang

Buah pepaya sangat penting untuk dikonsumsi karena banyak mengandung vitamin K, karena jika kekurangan vitamin K dapat meningkatkan resiko tulang menjadi rapuh dan patah. Vitamin K yang terdapat pada pepaya mampu mengubah protein matriks tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium serta dapat mengurangi eksresi-eksresi kalsium yang bagus untuk tulang.

7. Mampu mencegah gangguan pernafasan

Penyakit batuk, bronkitis ataupun sesak nafas yang diderita seseorang dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur untuk menyembuhkannya secara alami. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan latek yang mampu memberikan bantuan terhadap gangguan pernafasan.

Masih banyak lagi manfaat serta khasiat yang terkandung didalam buah pepaya ini,karena setiap buah-buahan dan sayuran hijau jika dikonsumsi secara teratur pasti memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Jadi perbanyak mengkonsumsi buah pepaya dan buah-buahan lainnya dan lakukan pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai serangan penyakit yang mengancam. Salam cantik jelita.

0 komentar:

Post a Comment