Wednesday, April 6, 2016

Vitamin Yang Wajib Dimiliki Tubuh Agar Kulit Tampil Cantik Jelita

Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh
Kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan Anda tidak seprima yang dikira. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecukupan kebutuhan nutrisi Anda. Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan vitamin yang dioleskan, namun terutama dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit.
 
Gangguan kulit bisa diderita jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A. Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Bagi kulit, vitamin A berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Untuk mendapatkan pasokan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi keju, telur, susu, yoghurt, atau ikan yang mengandung minyak. Sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wortel, ubi jalar, dan paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Mangga, pepaya, dan aprikot adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin ini juga.

2. Vitamin B

Salah satu indikasi seseorang mengalami kekurangan vitamin B adalah adalah kondisi kulit kering atau gatal. Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B-6, diprediksi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari dan kondisi kulit keriput ketika dioleskan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B yang penting untuk regenerasi sel-sel kulit, antara lain daging ayam, telur, dan produk sereal yang diperkaya vitamin B.

3. Vitamin C

Vitamin C penting bagi kulit karena berguna untuk melawan efek buruk paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi. Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput hingga mengalami penuaan dini.

Sumber makanan yang paling terkenal dan terbukti sangat baik sebagai asupan vitamin adalah jeruk atau buah sitrus, apa pun jenisnya. Buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin ini adalah pepaya, stroberi, nanas, kiwi, melon, semangka, apel, pir, dan pisang.
 
Fungsi vitamin D adalah sebagai pendukung proses penyerapan kalsium oleh tulang. Namun ternyata vitamin ini juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis. Vitamin D3, dengan versi buatan manusianya berupa calcitriol, efektif dalam membantu mengobati pasien psoriasis. Calcitriol membantu pasien dengan gangguan autoimun pada kulit dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.

Vitamin D didapatkan melalui reaksi tubuh secara alami di bagian bawah kulit saat terpajan cahaya matahari. Selain itu, vitamin ini bisa juga didapatkan dari daging ikan salmon, daging ikan sarden, makarel, telur, sereal, dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D.

5. Vitamin E
 
Kandungan antioksidan di dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit. Antioksidan ini juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin ini ikut berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji gandum dalam produk sereal. Selain itu, vitamin ini bisa ditemukan dalam minyak tumbuhan, seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak zaitun.

6. Vitamin K

Pada umumnya, vitamin K dapat diperoleh dari krim kulit. Krim ini biasa diberikan pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Tujuannya untuk membantu mempercepat pembekuan darah dan memar. Krim topikal yang mengandung vitamin K dinilai mampu membantu mengobati iritasi kulit, mulai dari bekas luka, stretch mark,  hingga lingkaran hitam di bawah mata.

Selain dalam bentuk krim topikal, vitamin K juga bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, minyak nabati, dan biji-bijian sereal.

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin-vitamin yang tepat dan seimbang. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan suplemen atau krim, pastikan produk tersebut aman dan cocok untuk kulit Anda. Cara terbaik memenuhi kebutuhan nutrisi kulit adalah mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

0 komentar:

Post a Comment