Wednesday, April 6, 2016

Kurang Tidur? Ini Tips Meningkatkan Stamina Tubuh Meski Kurang Tidur

Cara meningkatkan stamina tubuh disaat kurang tidur
Semakin pendek durasi tidur, membuat tubuh kurang bertenaga dan lelah. Padahal, Anda harus tetap fokus dan produktif sepanjang hari. Untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh, Anda pasti beranggapan tidur yang cukup dan makan sehat 3 kali sehari adalah resepnya. Itu benar, namun bagaimana bila ada saja hal yang mengganggu Anda ketika akan memejamkan mata di malam hari dan membuat Anda lesu keesokan harinya?

Berikut cara-cara meningkatkan stamina agar lebih bertenaga meski waktu tidur anda kurang


1. Perbanyak minum air putih

Dehidrasi menyebabkan kelelahan. Tetap jaga cairan tubuh secara maksimal dengan minum 8 gelas per hari dan makan makanan yang mengandung air seperti buah-buahan segar.

2. Mencuci muka
 
Menuci muka dapat membuat kulit tampak lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk. Basahi wajah perlahan dengan air dingin dan usapkan krim khusus pada mata agar tidak terlihat bengkak.

3. Olahraga
 
Olahraga dapat meningkatkan energi dan mengurangi lelah, bahkan lebih baik daripada mengkonsumsi obat-obatan. Olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Cobalah olahraga selama 15-30 menit sehari, 3 sampai 5 kali seminggu. Serta, makan makanan yang mengandung protein dua jam setelah berolahraga untuk mencegah kehilangan energi.
 
Bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata perih, memperburuk rasa kantuk, dan lelah. Berhenti memandangi layar komputer selama beberapa menit dan buat mata Anda terasa rileks.

5. Bernafas dalam-dalam

Bernafas dalam-dalam dapat meningkatkan oksigen di dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi udara. Anda dapat melakukan teknik bernafas ini di depan meja kerja Anda. Caranya? Ambil nafas dan tahan dengan mulut tertutup selama beberapa detik lalu buang perlahan-lahan. Lakukan 3 kali selama 15 detik sebelum bernafas dengan normal.

Bila Anda bermasalah dengan tidur di malam hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar cepat diobati. Dokter Anda mungkin akan meresepkan beberapa obat untuk mengatasi gangguan tersebut.

0 komentar:

Post a Comment