Wednesday, April 6, 2016

Makanan Yang Bagus dan Baik Untuk Dikonsumsi Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung
Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Selain itu, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa makanan yang kita makan memegang peran penting dalam kesehatan jantung, yang berarti makanan dapat menjadi faktor penyebab risiko penyakit jantung.

Mengkonsumsi makanan yang sehat, memperhatikan jumlah serat, membatasi konsumsi lemak dan garam, serta berolahraga secara teratur merupakan upaya yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa jenis makanan juga memberikan manfaat lebih bagi jantung kita. Apa saja? Perhatikan makanan yang baik untuk kesehatan jantung berikut ini.
 
Aneka buah berry mengandung polyphenol yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, yaitu molekul yang menghasilkan efek yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Salah satunya adalah melancarkan pembuluh darah yang dapat mengurangi tekanan darah.

2. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang mempunyai efek anti-pembekuan, sehingga dapat memperlancar aliran darah. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi triglycerides, yaitu lemak yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung dan mencegah ritme jantung yang tidak teratur.

Mengkonsumsi 2 atau lebih ikan salmon dalam seminggu dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung sebesar 30%. Selain salmon, Anda juga dapat mengkonsumsi tuna, sardine, dan mackerel.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang baik bagi jantung, dan lemak jenuh tingkat rendah. Para peneliti menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti walnut, almon, juga hazelnut 2 sampai 4 hari seminggu memiliki risiko terindikasi penyakit jantung lebih rendah.

5. Teh hijau

Senyawa antioksidan yang disebut catechin pada teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Catechin menghambat respon inflamasi tubuh terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. Mereka yang terindikasi penyakit gusi, berisiko dua kali lebih besar menderita masalah jantung.

6. Apel

Apel terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular. Peneliti asal Finlandia mengumpulkan data dari 9.208 laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 28 tahun dan menemukan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi apel memiliki risiko stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa senyawa antioksidan flavanoid yang ditemukan di dalam apel merupakan kunci penting untuk mencegah kolesterol jahat dari proses oksidasi yang mengakibatkan penumpukan plak pada arteri, serta menghambat peradangan.

7. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C, vitamin A, potassium dan serat. Tomat juga kaya akan likopen (lycopene) yang bekerja baik dengan vitamin dan mineral untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Mengkonsumsi tomat yang dimasak dapat meningkatkan kesehatan jantung karena meskipun kadar Vitamin C di dalamnya berkurang, namun lycopene dan antioksidan yang dikandungnya masih tersedia.

Masih terdapat banyak lagi makanan sehat yang dapat anda konsumsi untuk melindungi kesehatan jantung anda, untuk itu mulai dari sekarang konsumsilah makanan-makanan yang sehat serta sayuran dan buah-buaha segar yang memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang salah satunya untuk menjaga dan melindungi kesehatan jantung.

0 komentar:

Post a Comment