Wednesday, April 6, 2016

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Berserat Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Manfaat makanan berserat untuk kesehatan paru-paru

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa serat memiliki efek yang menguntungkan bagi paru-paru. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi peradangan dalam tubuh yang merupakan penyebab penyakit paru-paru. Selain itu, serat dapat mengubah komposisi microbiome usus yang dapat membantu mengurangi infeksi and mengeluarkan zat-zat kimia pelindung paru-paru.

Selain bermanfaat baik untuk paru-paru, mengkonsumsi makanan berserat juga bermanfaat baik untuk

1. Menurunkan risiko stroke

Dalam penelitian tentang stroke dan asupan serat setiap hari, dijelaskan bahwa mereka yang memenuhi asupan serat sebanyak 7 gram dalam sehari dapat mengurangi risiko stroke sebesar 7%.

2. Menjaga Kesehatan jantung

Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi serat dalam jumlah yang dianjurkan memiliki risiko penyakit jantung 40% lebih rendah.

3. Menurunkan berat badan
Suplemen dengan bahan utama serat telah menunjukkan manfaat yang besar dalam mengurangi berat badan bagi penderita obesitas, hal ini dikarenakan serat dapat meningkatkan perasaan kenyang yang lebih lama. Selain itu, ketika microba di dalam usus menyerap serat, ia melepaskan asam lemak rantai pendek yang kemudian menuju hipotalamus di dalam otak, yang memberi sinyal untuk berhenti makan.

4. Mengendalikan gula darah

Serat larut dapat memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh yang membantu mengendalikan gula darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa perempuan dengan asupan serat larut yang tinggi memiliki 42% lebih sedikit resistensi insulin.

5. Menjaga kesehatan kulit

Serat, terutama kulit psyllium, dapat membantu mengeluarkan jamur dari dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya jerawat dan ruam.

6. Menjaga kesehatan ginjal

Asupan serat yang tinggi dapat membantu mengurangi risiko penyakit batu empedu dan ginjal, karena serat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh.

Makanan berserat tinggi dapat anda jumpai dalam berbagai sayur-sayuran dan buah-buahan segar karena memiliki banyak sekali vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk itu segeralah beralih mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk hidup jauh lebih sehat.

0 komentar:

Post a Comment