Tuesday, April 12, 2016

Pentingnya Menggunakan Tabir Surya Untuk Aktifitas Sehari-hari

Manfaat Penggunaan Tabir Surya Untuk Kulit

Dengan menggunakan tabir surya, kulit akan lebih terlindungi dan terhindar dari bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit. Untuk menghindari penuaan atau kulit menggelap, peran tabir surya inilah yang dibutuhkan. Meski berada dalam ruangan atau cuaca sedang mendung, sinar radiasi tetap dapat menjangkau Anda. Sinar UVA bisa menembus kaca dan tak terpengaruh cuaca, sedangkan sinar UVB tidak. Jadi, ketika memilih tabir surya, pastikan produknya mengandung label SPF dan PA.

SPF (Sun Protection Factor) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVB yang menggelapkan kulit atau membuat kulit menjadi merah, sedangkan PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVA yang menyebabkan penuaan kulit.

Fakta Menarik Tentang Tabir Surya

1. Sunscreen dan Sunblock Berbeda

Sesuai namanya, sunblock akan menangkal segala yang ada pada sinar matahari, mulai dari sinar UVA, sinar UVB, dan vitamin D (yang baik untuk tulang). Sunscreen tidak menangkal semuanya, hanya menyaring sinar radiasi yang merusak. Perbedaan lainnya ada pada tekstur. Ketika diaplikasikan, sunblock biasanya lebih lengket dan tebal, dan warnanya yang lebih putih.

2. Menghitung Kadar SPF

Jumlah Kadar SPF mampu melindungi kulit lebih lama
SPF dengan level berapa pun di atas SPF 15 sebenarnya akan melindungi kulit dari sinar UV. Beda antara SPF rendah dan tinggi ada pada lama perlindungannya terhadap tipe kulit. Misalnya, yang berkulit terang akan terbakar setelah 10 menit jika terpapar sinar matahari. Yang berkulit sedang atau sawo matang akan terbakar setelah 15 menit. Yang berkulit gelap akan terbakar setelah 20 menit

Tingkat SPF x berapa lama kulit terbakar = Lama efek SPF bertahan pada kulit.
Contohnya, tingkat SPF 30 x 15 menit untuk kulit sedang = 450 menit efeknya bertahan sebelum kulit terbakar.

3. Waterproof Tak Berarti Towelproof

Jangan merasa aman dulu ketika menggunakan tabir surya berlabel waterproof alias tahan air. Memang krim tersebut tak akan luntur ketika Anda berenang. Namun, krim tersebut berpotensi terhapus ketika Anda mengeringkan tubuh dengan handuk. Apalagi jika Anda menggosok-gosokkan handuknya.

Tidak hanya memilih tabir surya yang mempunyai SPF tinggi, tapi juga perlu melakukan perawatan wajah secara rajin dan tentunya teratur agar kesehatan kulit anda pun terus terjaga.

1 comment:

  1. Penggunaan tabir surya sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga mampu meminimalkan munculnya keriput, bintik cokelat dan mengurangi risiko kanker kulit.

    ReplyDelete