Tuesday, March 15, 2016

Manfaat Mengkonsumsi Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh
Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini. Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini, karena banyak sekali manfaat yang terkandung didalam buah mengkudu.

Di dunia ini ada 80 macam mengkudu, namun yang bisa masuk atau dikonsumsi oleh manusia hanya sebanyak 20 jenis saja. Sedangkan 60 jenis lainnya adalah racun dan jika dikonsumsi akan membahayakan tubuh. Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.  Manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah mengkudu yang aman untuk dikonsumsi antara lain :

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah mengkudu mampu memperbaiki kesehatan, kandungan zat dan nutrisinya yang banyak membuat buah mengkudu memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi mengkudu atau pace.

Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dengen mengkonsumsinya secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya. Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

Membantu melancarkan pencernaan

Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.

Menurukan kolesterol

Zat xeronine dan proxeronine bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur.

Mengobati asam urat

Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam buah mengkudu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang ada di dalam buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem imun rendah bisa mudah terkena penyakit.

0 komentar:

Post a Comment