Tuesday, March 22, 2016

Fakta-fakta Menarik Tentang Jerawat Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Fakta-fakta menarik seputar jerawat
Jerawat memang hal yang sangat menjengkelkan, terutama bagi kebanyakan perempuan, namun jerawat yang tumbuh diusia remaja adalah hal yang wajar yang sering terjadi. Jerawat menjadi hal yang menyebalkan, ketika jerawat tersebut batu akan tumbuh. Itu rasanya benar-benar perih. Berikut berbagai fakta tentang jerawat yang mungkin belum anda ketahui agar dapat lebih baik lagi menyikapi permasalahan kulit wajah anda terutama masalah jerawat.
Cara mengatasi masalah jerawat
1. Terlalu sering mencuci muka dengan menggunakan pembersih muka, cenderung membuat kulit wajah menjadi kusam. Terkadang tidak diketahuinya jenis kulit muka dengan jenis sabun pencuci muka yang digunakan. Seharusnya jika ingin merawat muka, maka gunakanlah pencuci muka yang memang sesuai dengan jenis kulit kita. Didalam sabun pencuci muka juga banyak terkandung zat yang justru membahayakan bagi kulit jika tidak sesuai jenisnya.

2. Jerawat tidak hanya tumbuh di bagian wajah. Penyebab jerawat di punggung, jerawat di daun telinga, di kaki, dada da bagian lainnya juga bisa tumbuh. Pertumbuhan jerawat disebabkan karena hormone dan juga bakteri. Namun memang minyak cenderung lebih banyak pada bagian wajah daripada bagian tubuh yang lainnya.

3. Untuk mengurangi jerawat pada muka, usahakan mengetahui terlebih dahulu jenis kulit. Sehingga akan diketahui langkah pengobatan apa yang harus dilakukan. Penggunaan obat seperti cream obat penghilang jerawat, tanpa mengetahui terlebih dahulu komposisi obat, justru akan memperparah kulit wajah. Kulit akan sangat sensitif, apalagi dengan sesuatu yang berhubungan dengan zat kimia, jadi gunakan kosmetik yang tidak akan memperburuk kondisi muka.

4. Alat kosmetik yang digunakan dapat menyebabkan jerawat. Beberapa kosmetik menjadi sebab utama tumbuh dan berseminya jerawat pada muka seseorang. Kosmetik dapat memicu tumbuh kembangnya jerawat dikarenakan adanya efek samping dari penggunaan kosmetik yang justru menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Gunakan kosmetik untuk wajah berjerawat, agar tidak menimbulkan jerawat.

5. Jerawat yang tumbuh pada usia remaja adalah jerawat yang normal. Mengapa dikatakan normal? Fakta tentang jerawat ini, karena pada usia remaja mulai mengalami perubahan terhadap hormon. Hal ini seperti yang terjadi pada penyebab jerawat saat menstruasi, saat kelenjar minyak cenderung lebih aktif yang menyebabkan minyak di muka lebih banyak. Namun hal itu akan berhenti ketika memang proses perubahan hormone tersebut telah stabil.

6. Tangan yang dipergunakan untuk memencet jerawat cenderung telah terkontaminan beberapa bakteri yang dapat menyebabkan bakteri itu menempel pada kulit wajah ketika tangan memencet jerawat. Itu artinya, anda telah membantu bakteri untuk menempel pada wajah anda. Fakta tentang jerawat ini, karena bakteri tersebut bisa masuk kedalam pori-pori kulit wajah yang terbuka dan bisa menyebabkan kulit wajah menjadi terinfeksi.

7. Penyebab jerawat tidak hanya terjadi pada remaja namun semua umur. Ketika remaja, hormon penyebab jerawat sedang mengalami peningkatan yang menyebabkan jerawat lebih banyak bersemi. Namun jerawat tidak berpengaruh terhadap usia, karena usia 20-50 tahun juga masih tetap berjerawat, hanya saja lebih sedikit daripada usia remaja. Kulit kotor menjadi hal utama yang menyebabkan terjadinya jerawat.

0 komentar:

Post a Comment