Tuesday, March 22, 2016

Manfaat Kolagen Yang Dipercaya Mampu Mengencangkan Kulit dan Menghindari Penuaan Dini

Manfaat kolagen untuk mengencangkan kulit dan menghambat proses penuaan dini
Kolagen selama ini dikenal sebagai zat andalan untuk memperindah penampilan khususnya kulit tubuh secara umum dan wajah secara khusus. tubuh kita sendiri dapat secara mandiri memproduksi kolagen karena kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang menempati ‘kuota’ 30% dari seluruh protein dalam tubuh. Dari porsi yang demikian, kolagen dapat ditemukan di hampir seluruh bagian tubuh dan memiliki fungsi yang demikian beragam, mulai dari perawatan kulit, otak, mata, rambut, gigi, tulang, otot, pembuluh darah, berbagai sistem (pencernaan, sirkulasi dan imun) dan juga kulit. Kolagen bahkan diperkirakan merupakan 70-80% unsur dalam kulit manusia. Karena itulah kolagen menjadi semacam zat andalan untuk memiliki kulit sehat, cerah kencang dan bebas dari berbagai gangguan kulit semisal jerawat hingga keriput.

Manfaat Kolagen Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Kulit muda memiliki kandungan kolagen lebih banyak dari kulit tua
Secara biologis, jerawat terjadi karena pori-pori kulit terhalang sehingga kulit kesulitas bernafas dan akibatnya muncullah bintik kemerahan yang dalam kasus parah bisa berbentuk kantung nanah. Kolagen di sini berperan penting untuk mencegah timbulnya jerawat ataupun mengobati jerawat yang telah tumbuh serta ‘merawat’ bekas jerawat yang biasanya sulit dihilangkan. Manfaat dari kolagen sendiri antara lain :

1. Menjaga elastisitas kulit

kolagen alami dalam tubuh berkurang intensitas produksinya begitu memasuki usia 25 tahun dan akan sangat berkurang pada usia 60 tahun. Inilah yang menyebabkan elastisitas kulit terganggu sehingga muncul masalah keriput dan kerutan di berbagai bagian. Sementara pada usia 25 tahun-an, produksi kolagen yang menurun umumnya tampak dan berdampak pada masalah-masalah kulit yang tergolong lebih sederhana semisal jerawat, kulit kusam, kulit kering dan lain sebagainya.

2. Mempercepat regenerasi kulit

Sebagai unsur protein, kolagen berfungsi melembabkan kulit secara alamiah sehingga kulit dengan sendirinya akan melakukan kerja mandiri, seperti mengganti sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sehingga masalah-masalah yang terjadi dapat diatasi mulai dari jerawat hingga tanda-tanda penuaan. Kolagen juga dapat memelihara elastisitas kulit, mencukupi nutrisi yang dibutuhkan, membuat kulit kencang serta menjaga kesehatannya.

3. Kolagen Suntik

Banyak orang lain melakukan suntik kolagen, untuk memenuhi kebutuhan kolagen pada kulit. Kolagen yang demikian umumnya berasal dari hewan dan meski terbukti efektif, banyak yang tidak menyarankan penggunaan kolagen yang demikian karena memiliki berbagai efek samping yang dalam tahap tertentu bisa menyebabkan gangguan serius. Sebagai gantinya, kebutuhan kolagen dalam tubuh bisa dicukupi dengan menkgonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi kolagen alami mulai dari buah dan sayur. Meski hasilnya tidak segera tampak seperti halnya kolagen dari hewan yang disuntkkan ke dalam tubuh, cara yang demikian terbukti efektif dan tanpa efek samping.

4. Memperlambat Penuaan Dini

Berkurangnya kekencangan kulit, munculnya kerut-kerut kecil bahkan keriput di berbagai bagian wajah serta tubuh adalah tanda-tanda penuaan yang diakibatkan elastisitas kulit yang semakin menurun. Ini terjadi seiring dengan semakin minimnya kandungan kolagen di dalam tubuh yang memiliki tugas utama menjaga keremajaan dan kesehatan kulit. Dengan demikian sedini mungkin, agendakan untuk menambah pasokan kolagen dalam tubuh baik melalui cara alami maupun dengan suntikan, nammun lebih dianjurkan menggunakan cara yang alami.

0 komentar:

Post a Comment