Tuesday, March 15, 2016

Lobak Putih dan Manfaatnya Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat baik lobak putih untuk menjaga dan melindungi kesehatan tubuh
Lobak merupakan satu jenis sayur yang dimanfaat bagian umbinya. Jenis lobak ini beragam, khusus jenis lobak menurut warna, lobak ada yang berwarna putih, lobak merah bahkan ada lobak berwarna ungu. Namun disini kita akan memfokuskan terlebih dahulu pada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari si lobak putih ini.

Lobak putih memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat baik untuk tubuh seperti, vitamin A, B1, B2, C dan E, serta minyak atsiri, beta caroten, niasin, mangan, kolin, asam folic, kalsium, zat besi, fosfor, asam oksalat, serat kasar dan masih banyak lagi kandungan lain yang tentunya bermanfaat baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan tubuh.
 
1. Efektif mengobati jamur

Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.

2. Menyembuhkan batu ginjal

Mengkonsumsi lobak secara teratur dapat menjadi alternative pengobatan untuk menghilangkan penyakit batu ginjal. Lobak yang dibuat jus lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal dibandingkan jika lobak dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Di samping dapat menghilangkan batu ginjal, jus lobak juga berguna dalam pencegahan pembentukan batu ginjal kembali.

3. Ampuh mengatasi masalah jerawat

Kegunaan atau manfaat lobak putih dalam menghilangkan masalah – masalah kulit sebenarnya sudah cukup dikenal masayarakat. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Jika lobak putih dijus atau dihaluskan, davit berguna sebagai pembersih alami untuk wajah anda.

Unsur – unsur yang bersifat desinfektan pada lobak putih inilah yang memiliki manfaat untuk menghilangkan berbagai masalah yang dapat terjadi pada kulit kita seperi masalah kulit kering, gatal pada kulit, ruam kulit, infeksi dan juga masalah kulit seperti kulit tergores. Untuk menggunakannya anda dapat mengaplikasikannya dengan membuat masker wajah dengan bahan dasar lobak putih ini.

4. Menyembuhkan Liver

Beberapa penelitian menunjukan bahwa lobak putih membantu penyembuhan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih bisa membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

5. Membantu pengobatan Kanker

Lobak putih ternyata juga bisa membantu pengobatan pada penyakit kanker. Vitamin C, asam folic, dan anthocyanins akan mendetoksifikasi radikal – radikal bebas dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan kanker. Kanker – kanker seperti kanker usus, kanker perut dan kanker ginjal dapat dapat diredakan dengan konsumsi jus lobak putih.

6. Mengobati penyakit kuning

Bagi yang menderita penyakit kuning, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dam lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning ini.
 
7. Menyembuhkan demam

Lobak putih dapat digunakan untuk meredakan demam. Lobak putih bisa menurunkan suhu tubuh serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Memanfaatkan lobak putih untuk mengobati demam ini bisa dengan dijus lalu dicampurkan garam secukupnya dan diminum.

0 komentar:

Post a Comment