Tuesday, March 22, 2016

Faktor-faktor Yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat Di Hidung

Penyebab timbulnya jerawat di hidung
Kecantikan merupakan salah satu hal yang didambakan oleh setiap orang. Mempunyai wajah yang cantik serta kulit yang halus dan mulus menjadi kelebihan tersendiri, terlebih bagi seorang perempuan. Seorang perempuan yang mempunyai wajah cantik serta kulit sehat akan membuat dirinya menjadi percaya diri. Kecantikan ini merupakan anugerah yang indah bagi manusia.

Salah satu masalah yang seringkali menyerang kulit adalah jerawat. Jerawat merupakan tonjolan yang berwarna merah dan berisi dengan nanah atau darah. Penyebab timbulnya jerawat ini terkadang disertai rasa nyeri. Jerawat ini merupakan musuh bagi siapa saja, terlebih wanita. Jerawat pada umumnya timbul di daerah muka atau wajah

Munculnya Jerawat di Hidung

Hidung merupakan bagian kulit wajah yang sensitif, karena sifat kulit hidung ini berbeda dengan kulit lainnya yang ada di area wajah. Di hidung, keringat mudah sekali timbul. Jika kita melihat pada wajah kita setelah melakukan berbagai aktivitas fisik, maka kita akan melihat hidung kita sebagai bagian yang mengeluarkan keringat lebih dahulu. Karena mudahnya keringat muncul di hidung ini, maka menjadikan area hidung ini menjadi area yang sangat lembab. Area yang lembab mudah sekali diganggu oleh berbagai bakteri dan jamur. Sehingga hal ini menyebabkan hidung mudah sekali terkena penyait seperti jerawat dan penyebab timbulnya komedo. Selain itu masih terdapat beberapa faktor yang membuat jerawat sering tumbuh dan muncul dihidung, antara lain :

Faktor yang membuat jerawat tumbuh di hidung

1. Kebersihan area hidung yang kurang terjaga
 
Bagi sebagian orang, menjaga kulit hidung ini menjadi perkara yang lebih sulit jika dibandingkan dengan menjaga kulit wajah di bagian lain. Hal ini juga berkaitan dengan pembersihan sisa make up yang kurang bersih di bagian hidung. Akibatnya, kulit di bagian hidung menjadi kurang bersih dan kurang terawat. Karena kurang terjaga kebersihannya ini menyebabkan jerawat mudah sekali menyerang area hidung. Bahkan bukan hanya jerawat saja, namun juga komedo hitam dan putih tumbuh subur di area hidung ini.

2. Tertutupnya pori- pori kulit hidung

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kita tidak akan bisa berpisah dengan debu, polusi dan kotoran lainnya yang dapat menyebabkan kotornya kulit wajah. Hidung sebagai bagian yang menonjol pada wajah, menjadi bagian pertama yang mudah terkena kotoran ini. Akibatnya, debu, polusi, dan kotoran-kotoran ini akan menyumbat pori- pori kulit hidung dan menutupnya. Akibat dari tertutupnya pori-pori ini, kulit menjadi susah bernafas dan jerawat mudah sekali muncul.

3. Paparan sinar matahari

Sinar matahari juga merupakan salah satu musuh kulit dalam kaitannya dengan kecantikan. Sinar matahi yang memancar ke bumi mengandung ultraviolet yang bersifat negatif dan dapat merusak jaringan kulit. Sinar matahari ini juga akan memicu timbulnya keringat yang ada di hidung dan meningkatkan kadar minyak di hidung, sehingga akan memicu timbulnya jerawat di hidung.

4. Stress
Stress yang terjadi secara emosional dan juga fisik, menyebabkan hormon yang ada di dalam tubuh bekerja kurang optimal dan juga dapat terganggu. Hal ini akan menyebabkan tampilan fisik kita menjadi kurang oke dan memicu timbulnya jerawat- jerawat yang ada di wajah.

5. Makanan yang dikonsumsi

Beberapa makanan akan memicu bertambahnya kelenjar minyak dan juga kadar gula yang ada di wajah kita, seperti gorengan, makanan siap saji atau junk food, dan juga makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kadar lemak dan juga kadar gula ini menjadi pemicu munculnya jerawat yang ada di wajah. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu makan banyak sayur- sayuran dan juga buah- buahan. Hal ini karena sayuran dan juga buah- buahan banyak mengandung antiokdisan yang dapat menangkal radikal bebas.

0 komentar:

Post a Comment