Sunday, May 8, 2016

Penyebab kurangnya Konsentrasi dan daya ingat

Kurang fokus dan konsentrasi
Kurangnya konsentrasi dan daya ingat bisa saja di pengaruhi oleh beberapa faktor Termasuk penambahan usia, pengaruh gaya hidup, kondisi fisik, dan akibat pengaruh penyakit tertentu dan berbagai permasalahan lainnya..

Penyebab Berkurangnya Konsentrasi dan daya ingat

Selain dari beberapa faktor yang telah disebutkan diatas masih ada beberapa hal lain yang ikut mempengaruhi dan dapat di curigai sebagai faktor penyebab berkurangnya daya ingat dan konsentrasi antara lain seperti:

    Karena Stress dan terlalu banyak tekanan dan beban mental
    Kurang istirahat dan kinerja tubuh terlalu dipaksakan
    Karena pengaruh gaya hidup, seperti mengkonsumsi alkohol, rokok dan sebagainya.
    Akibat gangguan elektrolit tubuh
    Karena penyakit demensia
    pengaruh gula darah
    bisa juga akibat pengaruh dan efek samping obat-obat tertentu
    atau keungkinan karena penyakit lain yang menekan fungsi otak

Itulah beberapa kemungkinan berbagai penyebab berkurangnya konsentrasi dan daya ingat, bukan hanya usia, hampir semua faktor diatas dapat dicegah, walaupun penambahan usia merupakan sesuatu yang lumrah, namun daya ingat dan konsentrasi sebenarnya bisa di latih dengan berbagai permainan dan kegiatan-kegiantan yang bisa merangsang fungsi otak agar tetap prima.

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan, terutama untuk pola hidup dan pola makan sehat, serta kebiasaan kebiasaan lainnya. yang jelas perubahan pola hidup dari berbagai aspek sangat penting. Tips tersebut antara lain:

Atur pola makan, pastikan mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi lengkap, termasuk sayur-sayuran hijau, minyak ikan, kedelai dan sebagainya, dan kurangi berbagai makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Jaga dan kontrol gula darah anda, gula darah tidak seimbang akan mengganggu hampir semua sistem tubuh, termasuk fungsi saraf dan otak. Untuk elektrolit tubuh bisa di jaga dengan mengkonsumsi banyak air putih, hilang konsentrasi bisa saja disebabkan karena dehidrasi yang berlangsung lama.


Salah satu manfaat olah raga adalah untuk memperlancar sirkulasi darah, Termasuk sirkulasi darah keotak. Dengan lancarnya sirkulasi darah ke otak, maka sel-sel dan jaringan otak akan mendapat suplai oksigen dan nutrisi yang cukup. Selain itu olahraga bisa menyehatkan dan yang paling penting olah raga bisa mengurangi stress dan kecemasan.
 

Bermain catur, mengisi TTS, dan berbagai permainan strategi lainnya, termasuk membaca adalah salah satu cara mengasah fungsi otak agat tetap terjaga, daya ingat seseorang akan lebih baik jika anda sering mengasah dengan berbagai cara-cara bahkan dengan permainan-permaian sederhana sekalipun.

Pastikan anda istirahat yang cukup, karena istirahat sangat mempengaruhi fokus dan kemampuan mengingat seseorang, karena istirahat dan Tidur adalah salah satu moment yang tak dapat digantikan.  Semua organ tubuh butuh istirahat, termasuk otak, pada saat tidur ingatan seseorang akan terkumpulkan kembali tentang semua hal yang pernah dijalani / terjadi dimasa lalu. begitu juga kebugaran pasti akan tetap terjaga dengan demikian stress pun dapat terhindarkan.

Bina hubungan yang baik dengan orang-orang sekitar, karena salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan bercengkrama dan saling berinteraksi dengan orang-orang terdekat, termasuk keluarga, sahabat, tetangga dan sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment