Sunday, May 8, 2016

Mengenal Lebih Dalam Konjungtivitis dan Penyebab Timbulnya

Konjungtiviti
Konjungtivitis adalah Suatu jenis peradangan pada pada konjungtiva,  yang meliputi depan mata sehing mata menjadi merah, Gejala Konjungtivitis lainnya selain mata menjadi kemerahan antara lain yaitu mata menjadi berair dan agak perih, dan terasa gatal. Peradangan ini biasanya diawali pada salah satu mata dan kemudian bisa berpindah ke mata yang lain, konjungtivitis termasuk penyakit menular.
 
  
 
Peradangan pada konjungtiva yang disebabkan oleh berbagai jenis atau unsur penyebab iritasi, seperti:

    Peradangan akibat paparan asap ataupun uap
    bisa juga karena berenang pada air yang mengandung banyak klorin
    Iritasi akibat shampo
    dan bisa juga terjadi iritasi karena gesekan antara bulu mata dengan mata.

2. Konjungtivitis Alergi

Merupakan peradangan pada konjungtiva yang disebabkan oleh reaksi alergi karena mata bersentuhan langsung dengan beberapa zat penyebab alergi / Alergen. ini merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan / tidak normal terhadap alergen tersebut. Alergi sebenarnya bukan hanya bisa terjadi pada mata, bahkan pada kulit sekalipun, bahkan pada sebagian orang terkadang respon tubuh juga terhadap suatu alergen bisa berlebihan.

Konjungtivitis Alergi secara umum dibagi menjadi tiga jenis yaitu:
 

Peradangan pada konjungtiva akibat pemakaian lensa kontak, operasi mata, Mata buatan, jahitan saat operasi mata, dan prostesis lainnya yang dipasang pada mata.


Peradangan konjungtiva yang diakibatkan oleh zat kimia, make up, riasan disamping mata, ataupun alergi terhadap zat kimia yang terkandung pada obat tetes mata.


Sering disebut dengan alergi menahun, yang mana biasanya diderita oleh orang-orang yang memiliki berbagai jenis alergi lainnya, seperti asma dan rhinitis, Penyebabmya antara lain karena debu, serbuk sari dan lain sebagainya.

3. Konjungtivitis Infeksi

Konjungtivitis infeksi merupakan peradangan pada konjungtiva yang disebabkan karena infeksi pada mata, penyebab terjadinya infeksi mata ini antara lain:

    Adenovirus, Virus ini merupakan salah satu virus yang paling sering menyebabkan infeksi mata dan infeksi adenovirus tersebut juga akan disertai dengan sakit tenggerokan dan demam
    Konjungtivitis bisa juga desebabkan oleh bakteri yang pernah menginfeksi telinga dan lambung
    Infeksi oleh virus penyebab Clamida dan gonorhea.

Pada pasien yang menderita konjungtivitis akibat infeksi, bisa menularkan pada orang-orang terdekat, karena itu jika ada salah satu teman yang menderita penyakit ini sebaiknya batasi untuk sementara waktu membagi pakai barang pribadi seperti haduk, baju dan bantal. Jangan lupa cuci tangan yang bersih setelah bersentuhan langsung dengan pasien yang menderita konjungtivitis infektif.
Lalu siapa saja yang lebih beresiko terkena konjungtivitis infektif:

0 komentar:

Post a Comment